Faktor penting dalam keberhasilan atau kegagalan dari
strategi pemasaran adalah apakah elemen strategi pemasaran tersebut konsisten
dengan realita dari lingkungan eksternal perusahaan. Langkah awal dalam
mengembangkan rencana pemasaran strategis adalah memantau dan menganalisis
peluang serta tantangan yang ditimbulkan oleh faktor-faktor luar perusahaan.
Adapun tanggung jawab dari manajer perusahaan :
- Analisis lingkungan dan pesaing
Untuk memahami peluang dan tantangan potensial dalam
jangka panjang, pemasaran pertama-tama harus memantau dan menganalisis trend
yang luas dalam lingkungan ekonomi dan sosial.
- Dinamika industri dan perubahan strategi
Dinamika persaingan dari industri terutama menekankan
bagaimana pola persaingan dari pembelian konsumen cendrung untuk berubah ketika
industri atau produk bergerak melalui berbagai tahap daur hidup.
- Analisis pelanggan
Untuk mendukung dan mendorong transaksi pertukaran
dengan pelanggan potensial
- Riset pemasaran dan pengukuran pasar
Untuk membuat keputusan-keputusan tentang unsur-unsur
program pemasaran seperti berapa harga yang ditetapkan dan media iklan untuk
digunakan.
- Keputusan segmentasi pasar dan penetapan pasar sasaran serta penentuan posisi pasar.
Perbedaan-perbedaan dalam strategi ini
menggambarkan pentingnya segmentasi pasar dan kesulitan dalam memutuskan
bagaimana cara terbaik mendefenisikan segmen-segmen di dalam pasar tertentu.
Setelah segmen pasar dan menelaah
kebutuhan pelanggan serta kekuatan dan kelemahan pesaing didalam segmen-segmen
manejer memutuskan segmen-segmen mana untuk menunjukan peluang menarik dan
layak bagi perusahaan.
sumber : google
sumber : google
Tidak ada komentar:
Posting Komentar