Minggu, 12 Oktober 2014

TUGAS SOFTSKILL ETIKA BISNIS



Company Profile
Nama Perusahaan 
:
PT YY
Status Perusahaan 
:
Perseroan Terbatas 


PT. YY adalah sebuah perusahaan rokok di Indonesia yang bermarkas di Kudus, Jawa Tengah. YY merupakan salah satu dari tiga perusahaan rokok terbesar di Indonesia (dua lainnya adalah XX dan ZZ) dan merupakan penyumbang cukai yang besar bagi APBN Indonesia.
Selain dunia bisnis PT YY, juga melakukan berbagai aktivitas lain, yaitu Coorporate Social Responbility, yaitu YY Foundation. YY Foundation yaitu YY Bakti Pendidikan berperan aktif memajukan pendidikan melalui pembudayaan dan pemberdayaan mahasiswa berprestasi tinggi, dalam berbagai pelatihan soft skills untuk membentuk manusia Indonesia yang disiplin, mandiri dan berwawasan masa depan serta menjadi pemimpin yang cakap intelektual, emosional dan spiritual.

BIDANG OLAHRAGA
YY memberikan sumbangan yang begitu besar, berupa pembangunan GOR Bulutangkis. GOR ini memiliki luas 29.450 meter persegi di atas lahan seluas 43.207 meter persegi, dana yang dihabiskan Rp. 30 miliar. Bahkan, gedung ini merupakan yang terbaik di Asia Tenggara. Gedung ini memiliki bangunan terpadu yang bergaya arsitektur minmalis dengan ruang kantor, lapangan bulutangkis (16 lapangan), ruang makan, pertemuan, audio visual, perpustakaan, komputer dan fitnes. YY juga memberikan dukungan dan pengembangan persepakbolaan Indonesia dengan program  LIGA YY. YY mensponsorinya dengan dana lebih kurang 35 miliar. Ini diharapkan minat masyarakat akan olahraga ini semakin meningkat.

Kegiatan Sosial Lainnya 
YY membangun tempat khusus Green Plants Cultivation Seedlings Center, tempat ini dibangun pada tahun 1984, digunakan untuk pembudidayaan bibit-bibit tanaman, baik itu tanaman berupa buah-buahan, hias, tanaman langka, bahkan tanaman dari negara lain pun di kembangbiakkan. Masyarakat dapat memperoleh bibit itu secara gratis.

Analisis:
1. Manfaat bagi external, dengan adanya program ini membuktikan bahwa PT. YY memberikan perhatian lebih dengan mengadakan kegiatan olah raga dan kegiatan lainnya. Hal ini tentunya sangat menarik dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sosial, yang sangat menarik pada kegiatan ini adalah pesertanya adalah para masyarakat. Sungguh kegiatan ini sangat menyenangkan bagi masyarakat.

2. Manfaat internal, dalam kegiatan ini manfaat yang paling besar akan dirasakan pada perusahaan ini adalah, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini. Tentu masyarakat luas khususnya konsumen yang menggunakan produk dari perusahaan ini akan lebih simpati karena perusahaan ini memberikan kepedulian.



Manfaat Perusahaan bagi lingkungan eksternal perusahaan


Manfaat Perusahaan bagi lingkungan eksternal perusahaan :


 1. Strategi Reaktif Kegiatan bisnis yang melakukan strategi reaktif dalam tanggung jawab sosial cenderung menolak atau menghindarkan diri dari tanggung jawab social. Contohnya, perusahaan tembakau di masa lalu cenderung untuk menghindarkan diri dari isu yang menghubungkan konsumsi rokok dengan peluang penyakit kanker. Akan tetapi, karena adanya peraturan pemerintah unuk mencantumkan bahaya rokok setiap iklan, maka hal tersebut dilakukan oleh perusahaan rokok.

 2. Strategi Defensif Strategi defensif dalam tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan terkait dengan penggunaan pendekatan legal atau jalur hukum untuk menghindarkan diri atau menolak tanggung jawab sosial. Perusahaan yang menghindarkan diri dari tanggung jawab limbah saja berargumen melalui pengacara yang disewanya untuk mempertahankan diri dari tuntutan hukum dengan berargumen bahwa tidak hanya perusahaannya saja yang membuang limbah ke sungai ketika lokasi perusahaan tersebut beroperasi, terdapat juga prusahaan lain yang beroperasi. 

3. Strategi Akomodatif Strategi Akomidatif merupakan tanggung jawab sosial yang dijalankan perusahaan dikarenakan adanya tuntutan dari masyarakat dan lingkungan sekitar akan hal tersebut.Tindakan seperti ini terkait dengan strategi akomodatif dalam tanggung jawab sosial.contoh lainnya,perusahaan perusahaan besar pada era orde baru dituntut untuk memberikan pinjaman kredit lunak kepada para pengusaha kecil, bukan disebabkan karena adanya kesadaran perusahaan, akan tetapi sebagai langakah akomodatif yang diambil setelah pemerintah menuntut para korporat untuk lebih memperhatikan pengusaha kecil.

 4. Strategi Proaktif Perusahaan memandang bahwa tanggung jawab sosial adalah bagian dari tanggung jawab untuk memuaskan stakeholders. Jika stakeholders  terpuaskan, maka citra positif terhadap perusahaan akan terbangun.Dalam jangka panjang perusahaan akan diterima oleh masyarakat dan perusahaan tidak akan khawatir akan kehilangan pelanggan, justru akan berpotensi untuk menambah jumlah pelanggan akibat citra positif yang disandangnya.Langkah yang dapat diambil oleh perusahaan adalah dengan mengambil inisiatif dalam tanggung jawab sosial, misalnya dengan membuat khusus penanganan limbah, keterlibatan dalam setiap kegiatan sosial lingkungan masyarakat atau dengan membarikan pelatihan terhadap masyarakat di sekitar lingkungan masyarakat.

Minggu, 01 Juni 2014

curriculum vitae

BAB I
PENDAHULUAN
1. 1 Latar Belakang
Setelah seseorang menamatkan pendidikannya dari peguruan tinggi mereka pasti akan mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan mereka. Syarat-syarat yang harus mereka buat adalah surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup atau dalam bahasa inggrisnya curriculum vitae ( CV ). Dalam makalah ini akan dibahas lebih lanjut tentang CV.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa manfaat vitae ?
2. Bagaimana isi dan seperti apa susunan vitae ?
1.3 Tujuan
1. Untuk mengetahui manfaat dari vitae
2. Untuk mengetahui isi dan susunan dari vitae
1.4 Manfaat
 Sedangkan  manfaat dari penelitian ini adalah:
1.  Bagi Penulis
Dapat menambah pengetahuan dan wawasan serta dapat mengaplikasikan teori yang telah diperoleh selama perkuliahan.
2. Bagi Pembaca
Dapat menambah ilmu dan memperoleh informasi lebih dalam tentang isi dan susunan dari curriculum vitae.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Manfaat Vitae
Manfaat Curriculum vitae adalah menjelaskan keterangan diri, informasi diri, data diri dan sebagainya. Dengan CV, setiap orang yang membaca dan memeriksa CV seseorang akan dapat mengetahui dan menelaah setiap orang dari informasi diri yang telah diberikan, serta dapat memberikan gambaran seseorang melalui kegiatan – kegiatan atau dari spesifikasinya dalam pendidikan dan berorganisasi. Dengan kata lain manfaat CV menjelaskan kriteria diri dalam bentuk teks.
2.2 Isi Vitae
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Nama                                      : Desi Rahmawati
Tempat, Tanggal Lahir             : Irian Jaya, 02 Maret 1992
Jenis Kelamin                          : Perempuan                                                                                        Agama                                    : Islam
Kewarganegaraan                   : Indonesia
Alamat                                    : Jl. Cinta Damai Gang Hati No. 456 RT 05 / RW 03
Telepon                                   : 08716738873 ( HP )
                                                 (021)- 65725789 ( rumah )
Golongan Darah                      : AB
 *Latarbelakang Pendidikan Formal
1997 – 2003  : SDN Sepatu 8
2003 – 2006  : SMPN Berani Malu, Irian
2006 – 2009  : SMAN 87, Irian
2009 – 2013  : Universitas Irian - Ilmu Ekonomi
Non Formal 2010 – 2011 : Kursus Bahasa Inggris di LIA
Rincian Pekerjaan :
-          Mengatur keuangan perusahaan
-          Mengatur jadwal bertemu klien
2.3 Susunan Vitae
1. Data pribadi. Bagian ini berisi nama, alamat, agama, email, nomor telepon dan identitas pribadi lainnya.
2. Pendidikan. Bagian ini menjelaskan latar belakang pendidikan dan berhubungan dengan pekerjaan yang dituju. Pada umumnya, banyak yang membuat CV menjelaskan dari TK (Pendidikan paling dasar), SD, SMP sampai perguruan tinggi (Pendidikan terakhir).
3. Pengalaman Kerja. Bagian ini adalah bagian yang paling dilihat oleh perekrut kerja. Pengalaman kerja memberikan gambaran apakah seorang kandidat sudah memiliki jam terbang yang cukup atau masih terbatas.
4. Skill yang dimiliki seharusnya pada bagian ini perlu dijelaskan dalam CV skill apa saja yang telah dimiliki sebagai proses belajar maupun pengalaman dari pekerjaan sebelumnya. Dan dibuat dalam bentuk yang meyakinkan dan informatif.
5. Training yang pernah diikuti untuk lebih meyakinkan lagi, perlu memasukkan daftar training yang pernah diikuti sebelumnya untuk memberi gambaran sejauh mana pemilik CV telah berkembang dan wawasan apa saja yang sudah dimiliki.
6. Prestasi. Ini adalah bagian yang penting disamping pengalaman kerja yang menjelaskan keunikan, kelebihan dan presetasi sebagai individu sekaligus pencapaian di bidang tertentu.
7. Kegiatan Ekstrakurikuler/Kemasyarakatan.
BAB III
PENUTUP
Jadi kesimpulannya dalam melamar pekerjaan seseorang sangat membutuhkan daftar riwayat hidup atau curriculum vitae ( CV ). Bukan hanya bermanfaat bagi si pelamar pekerjaan melainkan bermanfaat juga untuk perusahaan agar mengetahui seluk beluk atau riwayat dari calon pekerja yang akan melamar di perusahaan mereka.
Pertanyaan :
1. Informasi apa yang tidak disebutkan dalam CV…
a. Hobi                        c. Alamat
b. Nama                       d. Nomor telepon
Jawabannya adalah a. Hobi
2. Daftar riwayat hidup disebut juga dengan…
a. VC                           c. CV
b. CP                           d. PC
Jawabannya adalah c. CV
3. Dibawah ini merupakan manfaat dari vitae, kecuali…
a. Menjelaskan keterangan diri
b. Menjelaskan informasi diri
c. Menjelaskan data diri
d. Menjelaskan harga diri
Jawabannya adalah d. Menjelaskan harga diri
4. Data pribadi dalam vitae berisi…
a. Nama                       c. Agama
b. Nama orangtua        d. Alamat
Jawabannya adalah b. Nama orangtua
5. Dibawah ini yang termasuk dalam susunan dalam vitae adalah…
a. Pendidikan              c. Manfaat
b. Hobi                        d. Isi
Jawabannya adalah a. Pendidikan
DAFTAR PUSTAKA

http://ghozianrahmanaputra.blogspot.com/2013/07/tugas-softskill-curriculum-vitae.html

Surat Menyurat

BAB I
PENDAHULUAN
1. 1 Latar Belakang
Dalam era modern seperti sekarang ini teknologi sudah sangat maju terutama dalam hal komunikasi. Media komunikasi seperti televisei email, dan lain sebagainya. Meskipun seiring pekembangan jaman komunikasi secara tradisional yaitu surat menyurat tidak kalah pentingnya. Dalam makalah ini akan menerangkan lebih lanjut tentang surat menyurat.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa arti dan fungsi dari surat ?
2. Apa saja syarat-syarat surat yang baik dan bahasa dalam surat ?
3. Bagaimana bagian-bagian surat dan contoh-contoh surat ?
1.3 Tujuan
1. Untuk mengetahui arti dan fungsi surat
2. Untuk mengetahui syarat-syarat surat yang baik dan bahasa dalam surat
3. Untuk mengetahui bagian-bagian surat dan contoh-contoh surat
1.4 Manfaat
 Sedangkan  manfaat dari penelitian ini adalah:
1.  Bagi Penulis
     Dapat menambah pengetahuan dan wawasan serta dapat mengaplikasikan teori yang telah diperoleh selama perkuliahan.
2. Bagi Pembaca
Dapat menambah ilmu dan memperoleh informasi lebih dalam tentang bagian-bagian surat, contoh, syarat-syarat surat yang baik dan lain sebagainya .
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Arti dan Fungsi Surat
            Surat adalah media komunikasi tertulis secara sistematis dan singkat dari pengirim kepada penerima surat. Fungsinya adalah alat komunikasi, tanda bukti tertulis, dokumentasi dari suatu kegiatan, dan keterangan keamanan.
2.2 Syarat-syarat Surat yang Baik
-          Objektif dan bukan subjektif
-          Sistematis
-          Singkat tidak bertele-tele
-          Lengkap isinya
-          Sopan bahasanya
-          Menarik wujud fisiknya
2.3 Bahasa Surat
1. Jelas
            Bahasa surat yang jelas maksudnya tidak hanya mudah dimengerti tetapi harus terbebas dari salah tafsir atau rancu, sehingga data-data yang dituangkan dalam surat sesuai dengan sasaran yang diinginkan. Bahasa dalam surat juga harus dapat menjelaskan siapa yang membuat surat itu kepada siapakah surat itu ditujukan.
2. Lugas
            Lugas artinya sederhana, praktis, bersahaja (simple). Jika diterapakn dalam pada penulisan kalimat dalam surat, berate kalimat yang digunakan harus langsung menunjukkan persoalan atau permasalahan yang pokok-pokok saja, tidak bertele-tele
3. Menarik dan sopan
            Bahasa yang menarik adalah bahasa yang hidup, lugas, jelas, wajar, enak dibaca, tidak kaku, tidak menggunakan kata-kata yang telah using, dan tidak menggunakan kata makian yang dapat menyinggung perasaan orang lain.
2.4 Bagian-bagian Surat
1. Kepala surat atau yang bisa juga disebut dengan kop surat merupakan bagian teratas dalam sebuah surat. Bagian surat yang pertama ini berisi: Logo atau lambang dari sebuah instansi, lembaga, perusahaan atau organisasi, nama instansi, lembaga, perusahaan, atau organisasi tersebut, alamat instansi, lembaga, perusahaan, atau organisasi.
2. Tempat dan tanggal surat pencantuman tempat dan tanggal surat tersendiri ditujukan untuk memberikan informasi mengenai tempat dan tanggal penulisan surat tersebut.
3. Nomor surat sebuah surat resmi yang mewakili sebuah lembaga, instansi, perusahaan atau organisasi biasanya menggunakan penomoran terhadap surat yang dikeluarkan atau yang diterima. Nomor surat biasanya meliputi nomor urut penulisan surat, kode surat, tanggal, bulan dan tahun penulisan surat.
4. Lampiran. Bagian lampiran merupakan bagian penjelas yang menginformasikan bahwa ada sejumlah berkas atau dokumen yang disertakan dalam surat tersebut.
5. Hal atau perihal. Hal berfungsi memberikan petunjuk bagi pembaca mengenai pokok isi surat tersebut.
6. Alamat dalam terdapat dua alamat yang dituliskan dalam surat, yaitu alamat luar (yang ditulis di sampul surat) dan alamat dalam (yang ditulis di dalam surat).
7. Salam Pembuka. Berfungsi sebagai sapaan dalam surat. Salam pembuka ditulis dengan huruf kapital di awal dan diakhiri oleh tanda koma.
8. Isi surat pembuka merupakan alinea pertama yang berfungsi sebagai pengantar atau pendahuluan terhadap infomrasi yang disampaikan di alenia isi. Isi Alendia isi berisi informasi yang akan disampaikan. Sedangkan alenia penutup ini berisi ucapan terima kasih atau harapan dari penulis surat kepada pembaca surat.
9. Salam Penutup merupakan penutup surat yang biasanya menggunakan kata: "Hormat saya, Hormat kami, Wassalam".
10.Nama Jelas Pengirim dan Tanda tanganSetelah salam penutup, terdapat nama jelas pengirim surat beserta tanda tangannya.
11. Tembusan merupakan bagian surat yang menunjukkan pihak atau orang lain yang juga berhak mendapatkan surat tersebut.
2.5 Contoh-contoh Surat
SMA Negeri 2 Tasikmalaya 
Jalan Alun Laun No.2 Kota Tasikmalaya
 No. Telp. (0265) 324 445 
Surabaya, 20 MEI 2013
 No : 20 / SMA 2 Tasikmalaya/ 01/ 2013 5
Lampiran : - 
Perihal : Undangan 

Kepada Yth. 
Orang tua/Wali siswa-siswi kelas XII
SMA Negeri 2 Tasikmalaya 

Dengan hormat, 
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan para siswa siswi SMA 2 Surabaya Khususnya kelas XII. Maka pada surat kali ini kami selaku badan pendidikan sekolah kami tercinta, bermaksud mengadakan studi lapangan bagi siswa siswi baik IPS maupun IPA di luar sekolah. Adapun acara tersebut akan kami laksanakan pada : 

Hari, tanggal : Senin, 30 MEI 2013
Pukul : 08.00 s.d. 15.00 
Tempat : Gedung Juang Tasikmalaya 
Acara : Penelitian Tumbuhan Langka

Dengan undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian bapak ibu, kami ucapkan terima kasih. 

Tasikmalaya, 20 Mei 2013
Kepala Sekolah 
SMA N 2 Tasikmalaya
Ttd,


Salahudin, S.Pd

BAB III
PENUTUP

Dengan kemajuan teknologi media komunikasi seperti sekarang ini surat menyurat tetap menjadi alat komunikasi yang penting. Bahasa yang dipakai dalam surat harus lugas, menarik dan sopan. Dan syarat-syarat surat yang baik harus objektif, sistematis, singkat tidak bertele-tele dan lengkap isinya.

Pertanyaan :
1. Media komunikasi tertulis secara sistematis dan singkat dari pengirim kepada penerima disebut...
a. Televisi                    c. Email
b. Surat                        d. Majalah
Jawabannya adalah b. Surat
2. Dibawah ini merupakan syarat-syarat surat yang baik, kecuali…
a. Sistematis                c. Singkat
b. Objektif                   d. Subjektif
Jawabannya adalah d. Subjektif
3. Alat komunikasi dan tanda bukti tertulis merupakan…
a. Fungsi surat             c. Bagian surat
b. Syarat-syarat surat  d. Bahasa surat
Jawabannya adalah a. Fungsi surat    
4. Ciri-ciri bahasa surat, kecuali…
a. Jelas                         c. Sopan
b. Lugas                      d. Bertele-tele
Jawabannya adalah d. Bertele-tele
5. Fungsi salam pembuka dalam surat adalah…
a. Berfungsi sebagai sapaan dalam surat
b. Berfungsi sebagai penutup dalam surat
c. Berfungsi sebagai isi dalam surat
d. Berfungsi sebagai lampiran dalam surat

Jawabannya adalah a. Berfungsi sebagai sapaan dalam surat

DAFTAR PUSTAKA

http://www.peribahasaindonesia.com/pengertian-surat-dan-fungsi-surat/
http://empekazam.blogspot.com/2011/09/contoh-surat-resmi-yang-baik-dan-benar.html